//readmore

Tombol

Senin, 22 April 2013

Membuat Port Baru Di Xampp



Salam alaikum wr.wb, kali ini saya ingin berbagi posting tentang penggunaan beberapa port dalam Aplikasi Web Server Xampp, untuk menghindari terjadinya Crash akibat conflict port yang sama dalam penggunaan beberapa project.

Pembuatan Port dalam xampp sangat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki banyak project. Dengan pembuatan port baru, akan sangat membantu karena akan mempermudah dalam penempatan source code. Pemanggilannya cukup dengan mengetikan localhost diikuti dengan port yang dimaksud. (http://localhost:777)
1. Untuk langkah awal, hidupkan apachenya terlebih dahulu. Kemudian Buatlah directory (htdocs_bukuOL), dimana nanti anda akan menempatkan source code di directory tersebut. dengan memanggil port tersebut, maka secara otomatis akan mengakses folder htdocs_bukuOL.
2. Setelah membuat directory baru, copy file httpd.conf yang berada di directory ‘conf’ => D:\xampp\apache\conf. (jika xampp terdapat di disck D) kemudian rename file tersebut menjadi ‘http777.conf’. penambahan ’777′ berguna ntuk menujukan port yang digunakan.
3. Lakukan pengeditan pada file tadi. Edit menggunakan notepad ataupun yang lainnya. yang perlu diubah adalah :
#
#Listen 0.0.0.0:80
#Listen [::]:80
Listen 80 => Listen 777
#
ServerName localhost:80 => SrverName localhost:777
#
DocumentRoot “D:/xampp/htdocs” => DocumentRoot “/xampp/htdocs_bukuOL”
#
<Directory “D:/xampp/htdocs”> => Directory “/xampp/htdocs_bukuOL




Matikan SSL/TSL dengan menambahkan ‘#’ (sebelum kata include) itu artinya anda akan membuat port baaru yaitu :777 dan folder yang di akses adalah folder “htdocs_belajar” yang sudah dibuat sebelumnya.
4. Jalankan command promt untuk menginstall port baru. Dengan cara klik Start > Run > ‘cmd’ > enter.
5. Masuk ke disck dimana anda menginstall xampp, disini saya menginstall di disck D. lihat gambar berikut..!


ketikkan command seperti pada gambar. cd\ kemudian masuk ke disck D => ‘D:’ dan masuk ke directory bin dengan command “cd xampp\apache\bin\
6. Lakukan penginstallan dengan command berikut => httpd.exe -n server_bukuOL -k install -f D:\xampp\apache\conf\httpd_777.conf
7. Setelah itu ada pesan errror, jangan hawatir, itu bukan karena commandnya yang salah melainkan karena servernya yang belum dinyalakan.
8. Untuk menyalakannya klik start => run => services.msc kemudian cari nama server yang telah di install tadi. klik kanan start.



Setelah itu anda bisa menggunakan port tersebut. Selamat mencoba.

Dicuplik dari : http://www.ra-one2hack.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dinar & Dirham Adalah Uang Masa Depan

Salam Alaikum Wr. Wb Alhamdulillahirobbil alamin Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, dan Shalawat serta sala...